Getaway
Monday, April 14, 2008
ICT Awards 2007

Hari Rabu pagi tanggal 21 November 2007 saya menghadiri seminar IT di acara ICT Awards yang bekerjasama dengan Departemen Telekomunikasi dan Informasi. Seminar yang mengambil tema mengenai “Menulis di Internet” diselenggarakan di Kakaktua Room, JCC. Sebelumnya saat memasuki depan JCC saya melihat banyak barisan polisi dan mobil Gegana. Bisa ketebak deh kalo yang datang orang penting di negri ini. Belakang saya baru tahu bahwa acara ini akan dikunjungi oleh Wapres RI , Jusuf Kalla.

Beberapa stand pengisi acara terdiri dari perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan jasa telekomunikasi. Dibarisan belakang stand telekomunikasi tersebut berjejer stand para pemenang lomba ICT Awards. Tapi berhubung acara seminar segera dimulai saya lekas masuk keruangan seminar dimana sudah banyak peserta yang duduk manis didepan komputer yang disewa penyelenggara.

Seminar 1 :Wikipedia Undonesia

Perfect! Saya dapat posisi uenak yaitu ditengah-tengah dengan komputer yang gak lemot yang memakai software IGOS. By the way jadi ingat kalo software IGOS berbasis Linux yang open source ini diadakan oleh pemerintah bertujuan mengganti software Windows bajakan yang sudah kadung dipakai masyarakat. Niat baik pemerintah dalam mengurangi pembajakan software ini patut dihargai. Tapi kurangnya sosialisasi IGOS menyebabkan banyak orang yang belum mengetahui tentang sofware open source yang murah ini.

Sesi pertama seminar dari pukul 9 sampai pukul 12 siang adalah sesi Wikipedia. Wikipedia adalah situs Ensiklopedia/pengetahuan dengan bahasa lokal yang melibatkan pengunjung untuk turut serta menyumbangkan pengetahuannya kepada dunia. Wikipedia adalah produk nirlaba yang ada dibeberapa negara di dunia termasuk di Indonesia. Di indonesia sendiri Wikipedia ada dalam bahasa Sunda,Jawa dan Banyumasan. Di Wikipedia sebagai pengunjung yang mempunyai akun Wikipedia kita dapat mengedit tulisan yang telah di tulis oleh orang lain dengan maksud mungkin memperbaiki isi,ejaan atau menambahkan informasi.

Jujur aja lumayan ribet menggunakan tools di layar Wikipedia untuk mengedit. Entah mungkin karena baru pertama kali saya memakai Wikipedia untuk mengedit atau teknologi Wikipedia yang agak ketinggalan? Maaf kalo ada pengurus Wikipedia yang membaca karena saya terbiasa mengedit tulisan di blogger dengan mudah tanpa menuliskan kode-kode seperti di Wikipedia.

Wikipedia Indonesia kabarnya sedang membuat program “Sumbangkan 2000 tulisan ke Wikipedia Indonesia untuk membantu mewujudkan penyebaran laptop gratis untuk anak Indonesia”. Program yang keren. Mungkin bagi teman-teman yang mau menyumbang artikel silahkan daftar dulu di Wikipedia Indonesia dan ikuti peraturannya. Kalo bingung coba cari link FAQ dimana semua pertanyaan yang biasa diajukan pengunjung ada disitu.

Menurut saya yang menarik dari Wikipedia Indonesia adalah penggunaan Bahasa Indonesia yang sesuai EYD. Pasti banyak yang nggak pada tahu apa itu kata“pranala”. Ternyata oh ternyata kata “pranala” adalah terjemahan bahasa Indonesia dari kata “Link”. Memang sosialisasi Bahasa Indonesia yang sesuai EYD didunia internet amat sangat kurang. Ya ambil contoh saya sendiri saat menjalankan blogger.com dengan bahasa Indonesia malah bingung karena selama ini blogger.com berbahasa Inggris.

Finally,sesi pertama yang dipandu mbak Sereniti,mas Revo berakhir dipukul 12 siang. Saya dan mbak Umi ( hari itu baru kenalan dan agak kaget karna mbak ini asli Yogya. Jebolan UGM ya mbak? Emang keliatan sih pinternya. )

Seminar 2 : Blog Writing With Budi Putra ( Asian Blogging Network )

Sesi ini sebenarnya tentang membuat blog. Tapi berhubung rata-rata peserta sudah pada punya blog jadi mas Budi lebih mengupas tentang kekuatan sebuah isi blog. Saya cukup tertarik dengan sesi ini karena mas Budi Putra membahas mengenai Asian Blogging Network (ABW). Sejauh pengamatan saya ABW ini adalah blog dalam kategori profesional yang berisi tulisan-tulisan dengan tema beragam (tentang IT,Pendidikan,Musik,dll) dalam ruang lingkup Asia. Mas Budi Putra yang sebelumnya bekerja sebagai wartawan Tempo menceritakan bahwa dirinya serius dengan profesi barunya sebagai full time blogger. Jika kita tertarik sebagai “paid blogger” maka mau tidak mau kita harus mempertajam tulisan kita dan mengertilah sedikit tentang IT.

Fenomena blogger memang begitu dashyatnya sampai-sampai membuat surat kabar Times gulung tikar dan kini hanya bermain di sektor online berbasis blog. Opini yang berkembang kemudian adalah apakah dimasa depan keberadaan dunia online akan menggantikan media cetak? Just wait and see.

Pameran Pemenang ICT Awards

Selesai seminar saya dan mbak Umi berkeliling melihat-melihat para pemenang ICT Awards dan sponsor-sponsornya. Tak disangka tak diduga kami disapa teman-teman AMIKOM Yogya. Ck..ck..emang gak bisa jauh-jauh nih dari “Yogya”. Teman-teman AMIKOM membagikan buku gratis yang rupanya penulisnya adalah dosen pengajar di AMIKOM. Saya langsung mendekati tumpukan buku dan bertanya “Mas,buku tentang CSS ada gak?”. Teman AMIKOM langsung mencari-cari dan “aha” sayang sekali tidak ada. Tapi saya teteup kekeuh mencari dan menemukan buku “AJAX Membangun Web dengan Teknologi Asynchronouse Javascript & XML”. Lumayan. Yah gak pa-pa deh masih nyerempet dikit sama CSS.

Lalu kami beralih ke stand para pemenang yang membuat software-software keren. Kebetulan yang paling keliatan di stand depan adalah software keuangan rumah tangga dan software ovulasi. Kebarisan kedua ada stand khusus animasi,lucu. Kategori lomba sendiri terbagi atas : Kategori Education (Sub Kategori Proyek Siswa, Sub Kategori Proyek Mahasiswa dan Siswa Pendidikan Non-Formal, Sub Kategori Konsep Animasi, Sub Kategori Animasi Film Pendek, Sub Kategori Games), Kategori Financial Industry, Kategori Business Process Management, Kategori Research & Development, Kategori General, Kategori Start Up, dll.

Oke nama-nama pemenang ICT Awards bisa dilihat di:http://www.ina-ictawards.web.id/index.php?option=com_content&task=view&id=35

Ah,senangnya bisa melihat lebih dekat denyut kehidupan software Indonesia. Karya anak bangsa Indonesia memang gak kalah deh! Keep a Good Work Friends!

posted by fit @ 1:13 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Bebaskan Pikiranmu! Temukan indahnya sebuah pertemuan! Sapalah siapa saja yang kamu suka dan jangan malu bertanya tentang apa saja yang menyumbat pikiranmu. Have A Nice Day and Enjoy U R Getaway!!
:: About Me ::

Name:Fit 'd Art fit
Home: BeKaSi, Indonesia
About Me: "I'm kinda person who like to see the sunrise,the trees,the blue sky and the rainbow.--What A beautiful gift from Allah The Great that we should be grateful 4 that--"
See my complete profile

:: Menu ::
:: Moslem Space ::
:: News Space ::
:: Design & Copywriting ::
:: Writing Space ::
:: Creative Folks on Space ::
:: Add Some Space ::
:: Search Space ::
:: Previous Post ::
:: Archives ::
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER